Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat





Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat - Sebelum ke pembahasan lebih lanjut mengenai Pelaksanaan Shalat Hajat maka alangkah baiknya kita membahas mengenai Hajat itu sendiri. Hajat menurut arti katanya yaitu keperluan atau kebutuhan. Jadi shalat sunah hajat adalah sholat sunat yang dikerjakan karena mempunyai maksud atau keperluan dan berharap allah swt mengabulkannya. Hajat dapat tercapai diantaranya dengan berusaha dan berdoa yaitu dengan shalat. Sehingga berharap allah swt akan segera mengabulkan keinginan kita. Karena allah telah berfirman dalam Al-Quran: (surat Al-baqarah ayat 45)
wasta'iinuu bishshabri washshalaati (Dan Meminta Pertolongan (kepada allah) dengan sabar dan shalat) (QS Al Baqarah: 45).
 Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat
Waktu Pelaksanaan Shalat Hajat
Waktu sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat Hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat. Dalam pelaksanaanya, jika dikerjakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.
Tata cara sholat Hajat 
(“Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala” (aku niat sholat sunah hajat karena Allah))
  • Lalu Takbiratul Ihram.
  • Membaca do’a Iftitah, dilanjutkan dengan surat Al Fatihah kemudian membaca salah satu surat di dalam Al Quran. 
  • Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali.
  • I’tidal sambil membaca bacaannya.
  • Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali
  • Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya.
  • Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali
  • Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir.
  • Setelah selesai maka membaca salam dua kali.
Jumlah Rakaat Shalat Hajat
Jumlah rakaat dalam shalat hajat paling banyak 12 rakaat dan paling sedikit dua rakaat. Untuk shalat hajat yang di lakukan lebih dari dua rakaat dengan cara setiap dua rakaat salam, dan banyaknya rakaat dalam shalat hajat mungkin tergantung pada besar kecilnya hajat yang dibutuhkan, jika hajatnya kecil mungkin cukup hanya dua rakaat saja, tapi jika hajatnya besar maka tidak cukup hanya dengan dua rakaat saja.
Itulah sedikit pembahasan mengenai Tata Cara Pelaksanaan Shalat Hajat, cukup sekian dari saya mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya umat muslim.
Description: Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat Rating: 4.5 Reviewer: mas didik - ItemReviewed: Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Education dengan judul Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dp-media.blogspot.com/2012/08/cara-melaksanakan-dan-tata-cara-sholat.html. Terima kasih!
Artikel Terbaru !
Ditulis oleh: mas didik -

2 komentar untuk "Cara melaksanakan dan Tata Cara sholat Hajat"

  1. Waktu sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh.

    baru tau saya gan, terima kasih artikel nya

    BalasHapus
  2. postingan yang bagus dan menarik untuk di baca... saya suka mengunjungi blog ini

    BalasHapus

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers DMCA.com