Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil





Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil  
Tips Kesehatan : Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil  - Kesempatan kali ini akan berbagi pengetahuan mengenai Tips dan Posisi Tidur (istirahat) yang baik dan nyaman untuk Ibu Hamil (Wanita Hamil). Perlu diketahui bagi para Ibu Hamil (Wanita Hamil) haruslah tidak semabarangan dalam tidur (istirahat), karena jika posisi tidur salah akan dapat memungkinkan hal-hal yang tidak kita inginkan baik untuk kesehatan janin dan juga kesehatan Ibu Hamil (Wanita Hamil) itu sendiri. Tidur (istirahat) bagi ibu hamil / wanita hamil merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting, disamping untuk menjaga kondisi si Ibu hamil / wanita hamil itu sendiri juga untuk kesehatan janin. Adanya janin dalam perut memberikan ketegangan pada tubuh wanita, itu sebabnya wanita hamil cepat lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Agar perkembangan janin baik, seorang ibu harus memperhatikan kualitas maupun posisi tudur. Berikut ini berbagi 10 tips yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil seperti dikutip dari coolhealthtips, isinya antara lain:
Posisi Tidur Ibu / Wanita Hamil
 Tips dan Posisi Tidur Ibu / Wanita Hamil

10 Tips Yang Perlu diperhatikan Wanita / Ibu Hamil

1. Perbanyak Istirahat
Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

2. Tetapkan Jam Malam
Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

3. Tidur dengan Posisi Kepala dan Leher Terangkat.
Tidur dengan kepala dan leher diangkat dapat menurunkan asam lambung.

4. Hindari Mimpi Buruk
Pikiran yang penuh beban ketika pergi tidur kadang akan terbawa sampai ke mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

5. Gunakan Bantal Tambahan
Pada trimester pertama kehamilan, Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman ketika tidur.

6. Pakailah Bantal Panjang
Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

7. Tidur Miring ke Kiri
Pada trimester ketiga, cobalah untuk tidur miring ke kiri sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

8. Lakukan Aktivitas Kecil
Memasuki trimester ketiga, wanita hamil kadang tidak bisa tidur di malam hari. Lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

9. Atasi Kram Kaki
Wanita hamil kadang mengalami kram di kaki, untuk mengatasinya luruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki Anda ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.

 Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu / Wanita selama mengandung (Hamil)

Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan   menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman   karena anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Tidur Dengan Posisi Terlentang

 Posisi ini di anjurkan setelah kehamilan 16 minggu ibu hamil untuk tidak tidur terlentang, karena dengan tidur posisi terlentang Anda akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus,   dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Posisi tidur terlentang   pada trimester kedua dan ketiga juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Untuk beberapa wanita, dapat menyebabkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain   malah meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi , tidur pada posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

Tidur Dengan Posisi Miring 

Lalu posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil. Tapi sangat dianjurkan setelah kehamilan   16 minggu, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan. Tidur posisi ke kanan juga baik. Anda dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman.

Jika anda terbangun di malam hari dan menemukan ternyata anda tidur terlentang, Anda jangan kwawatir karena anda tidak melakukan sesuatu yang mencelakai bayi anda. Kembali saja pada   posisi miring. Lagi pula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kram, sering kencing, kontraksi palsu, bayi yang menendang perut, rasa asam lambung   yang meningkat yang akan menyebabkan ibu hamil akan terbangun beberapa kali di malam hari, karena ibu hamil sudah pasti akan berubah posisi tidur beberapa kali dan otomatis tidak   seterusnya tidur dengan posisi terlentang.
Tips:Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman letakan bantal diantara dengkul anda dan satu di punggung anda. Atau anda dapat membeli khusus bantal ibu hamil

Semoga bermanfaat bagi para Ibu / Wanita yang sedang mengandungm (hamil), selain itu juga dapat mempercepat proses persalinan (kelahiran) bayi tersebut.
Description: Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil Rating: 4.5 Reviewer: mas didik - ItemReviewed: Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Tips dengan judul Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dp-media.blogspot.com/2012/06/tips-dan-posisi-tidur-bagi-ibu-yang.html. Terima kasih!
Artikel Terbaru !
Ditulis oleh: mas didik -

Belum ada komentar untuk "Tips dan Posisi Tidur bagi Ibu yang sedang Hamil | Tidur Yang baik untuk Wanita Hamil"

Poskan Komentar

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers DMCA.com