Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007





Permendiknas : Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007 - Pada kesempatan kali ini akan berbagi mengenai Permendiknas mulai Permendiknas nomor 22 tahun 2006 yaitu berisi tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, permendiknas nomor 16 tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi Guru serta Permendiknas nomor 41 tahun 2007 yang berhubungan dengan Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Mungkin dari dalam isi permendiknas-permendiknas yang telah disebutkan di atas dapat membantu dalam memahami dunia pendidikan baik kurikulum ataupun hal-hal yang lain yang lebih signifikan. Dibawah ini adalah sedikit kutipan dari isi Permendiknas.
 Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007
Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007


Standar Isi
Pengertian Standar Isi : Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu (Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005). Standar Isi ditetapkan dengan peraturan menteri pendidikan nasional No. 22 Tahun 2006.


Standar Isi Memuat 
1. Kerangka Dasar dan Struktur kurikulum - Kerangka dasar kurikulum adalah rambu-rambu yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan untuk dijadikan pedoman dalam penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya pada setiap satuan pendidikan.  


Kerangka Dasar Kurikulum - Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan kurikulum terdiri atas: a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; d. kelompok mata pelajaran estetika; e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.


Prinsip Pengembangan Kurikulum
  • Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan
  • Peserta didik dan lingkungannya
  • Beragam dan terpadu Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan Seni Relevan dengan kebutuhan kehidupan 
  • Menyeluruh dan berkesinambungan
  • Belajar sepanjang hayat 
  • Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah


Struktur Kurikulum Pendidikan Umum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.


Kalender Pendidikan / Akademik
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.


Beban Belajar 
Beban belajar adalah waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan serta kemampuan lainnya dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran.


Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Kurikulum tingkat satuan pendidikan
Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.
Kurikulum Satuan Pendidikan dikembangkan sesuai dengan:
  • Potensi daerah/karakteristik daerah
  • Sosial budaya masyarakat setempat
  • Peserta didik
Untuk selanjutnya agar lebih jelas anda bisa men-download Semua permendiknas tersebut melalui link di bawah ini.

Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan baca juga mengenai Cara menyusun RPP Berkarakter (EEK).
Description: Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007 Rating: 4.5 Reviewer: mas didik - ItemReviewed: Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Permendiknas dengan judul Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://dp-media.blogspot.com/2012/06/permendiknas-no-22-th-2006-permendiknas.html. Terima kasih!
Artikel Terbaru !
Ditulis oleh: mas didik -

Belum ada komentar untuk "Permendiknas no 22 th 2006 | Permendiknas no.16 th 2007 | Permendiknas no.41 th 2007"

Poskan Komentar

ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers DMCA.com