Bagaimana Melakukan Senam Yoga?

Bagaimana Melakukan Senam Yoga?
Bagaimana Melakukan Senam Yoga? - Media Belajar Online - Sebelumnya kami sudah share mengenai Senam Hamil di rumah. Gerakan dalam senam yoga dapat anda lakukan di sanggar senam ataupun di rumah. Senam yoga secara teratur memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Yoga dapat meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuh, mengencangkan otot-otot tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru, meningkatkan daya ingat, dan juga memberikan perasaan tenang. Mengingat banyak sekali manfaat yang diberikan oleh senam yoga, tidak ada salahnya anda mencoba untuk melakukan senam yoga secara teratur. Bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengunjungi sanggar senam, anda dapat melakukan beberapa gerakan yoga di rumah.
a. Standing Forward Fold : Cara melakukan gerakan forward fold dengan posisi awal berdiri tegak, sambil menarik napas kemudian kelurrkan nafas secara perlahan dengan posisi membungkuk. Luruskan kedua tangan ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Apabila anda tidak mampu melakukan gerakan ini anda dapat menekuk sedikit lutut anda. Gerakan ini berguna untuk meregangkan bagian belakang tubuh seperti punggung, tulang belikat, betis, dan pantat.

b. Upward Hand Pose : Cara melakukan gerakan upward hand pose dengan posisi awal berdiri tegak sambil menarik nafas secara perlahan-lahan kemudian mengayunkan kedua tangan ke atas. Kedua tangan mengatup di atas kepala sambil punggung ditarik ke arah dalam
hingga membusung. Gerakan ini berguna untuk meregangkan bagian depan tubuh seperti dada, perut, pinggul dan bahu.

c. Mountain Pose : Cara melakukan gerakan mountain pose dengan posisi awal berdiri dan kedua tangan mengatup di depan dada. Kedua kaki dilebarkan sejajar dengan pinggul, tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan. Anda juga boleh mengangkat salah satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuh anda secara bergantian. Gerakan ini berguna untuk membuat anda menjadi lebih tenang dan stabil.

d. Plank Pose : Cara melakukan gerakan plank pose dengan posisi awal tengkurap di atas matras kemudian tekuk lutut hingga kedua tangan dapat menyentuh matras. Tarik napas dalam-dalam kemudian keluarkan nafas secara perlahan-lahan sambil meluruskan kaki ke belakang . usahakan agar posisi tangan sejajar dengan bahu dan posisi tubuh lurus. Posisi plank pose hampir sama dengan posisi push-up. Gerakan ini bergunan untuk menguatkan otot bahu dan otot perut.


Bagaimana Melakukan Senam Yoga?
e. Child’s Pose : Cara melakukan gerakan child’s pose dengan posisi awal tengkurap kemudian berlutut pada lantai dengan kedua posisi kaki saling bersentuhan. Buka lutut selebar pinggul kemudian duduklah pada tumit anda. Kemudian membaringkan tubuh diantara paha lalu bawa dahi anda ke matras. Kedua lengan diluruskan ke depan hingga kedua telapak tangan menyentuh lantai. Tarik nafas dalam-dalam sambil menutup mata dan tahan posisi ini selama 1 menit. Gerakan ini berguna untuk meregangkan paha depan, pinggul, dan punggung. 
Demikianlah informasi mengenai Bagaimana Melakukan Senam Yoga?, semoga dapat memberi manfaat.

Senam Otak Melatih Ketajaman ingatan (Konsentrasi)

Senam Otak Melatih Ketajaman ingatan (Konsentrasi)
Senam Otak Melatih Ketajaman ingatan (Konsentrasi) - Media Belajar Online - Ternyata bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya. Ternyata otak dan fikiran juga membutuhkan olahraga. Salahsatu jenis olahraga untuk otak adalah senam otak.

Senam otak merupakan bentuk senam yang digunakan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang, juga untuk menyeimbangkan antara kekuatan otak kanan dan otak kiri.

Di bawah ini ada beberapa gerakan senam otak yang difokuskan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya fokus seseorang, dapat juga digunakan untuk menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri. 
Berikut beberapa gerakan senam otak yang dapat anda terapkan :
a. Dua tangan di depan dada : Cara melakukan gerakan ini dengan menempelkan 5 jari kanan dengan 5 jari kiri sedangkan kedua tepapak tangan saling berjauhan. Putarlah jempol kanan dan jempol kiri ke arah depan secara bersama-sama seperti gerakan mengayuh sepeda kemudian putar dengan arah berlawanan. Lakukan hal yang sama
dengan memutar jari-jari lain secara bergantian. Ulangi gerakan-gerakan tersebut dengan gerakan semakin cepat.

b. Dua tangan di depan dada : Cara melakukan gerakan ini dengan membuka telapak tangan kiri dan jari-jari menghadap ke atas sedangkan tangan kanan membentuk piston dengan ibu jari keatas dan jari telunjuk menunjuk arah telapak tangan kiri. Kemudian gerakan jari telunjuk hingga menyentuh telapak tangan kiri kemudian lanjutkan dengan tangan kiri sebagai piston dan tangan kanan sebagai target untuk ditembak dengan menyentuh ujung telunjuk kiri pada telapak tangan kanan. Ulangi gerakan tersebut secara berulang-ulang dan bergantian.

c. Telapak tangan kanan diatas kepala sedangkan telapak tangan kiri menempel di perut : Cara melakukan gerakan ini dengan menggerakkan telapak kanan dan menepuk-nepuk rambut secara naik turun, bersamaan dengan itu telapak tangan kiri digerakkan berputar-putar dengan tetap menempel pada perut. Ulangi gerakan tersebut secara bergantian yaitu dengan menepuk-nepuk rambut dengan telapak kiri sedangkan tangan kanan berputar putar di perut.

d. Duduk dengan kedua tangan berada di atas paha : Cara melakukan gerakan ini dengan tangan kanan mengepal kemudian gerakkan tangan naik turun dengan memukul-mukul paha kanan. Sedangkan telapak tangan kiri menghadap kebawah dan gerakkan maju mundur diatas paha kiri. Gerakan kedua tangan harus secara bersamaan. Kemudian ubah gerakan tersebut dengan gerakan sebaliknya yaitu tangan kiri yang melakukan gerakan memukul-mukul sedangkan tangan kanan bergerak maju mundur. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

Itulah sedikit informasi mengenai Senam Otak Melatih Ketajaman ingatan (Konsentrasi), semoga bermanfaat bagi kita.

Manfaat dari Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Manfaat dari Olah Raga Renang Bagi Tubuh - Media Belajar Online - Sebelumnya telah berbagi informasi mengenai Sejarah Olah Raga Renang. Renang merupakan olahraga air yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Selain berolahraga orang juga dapat berenang sambil berekreasi di wahana air atau waterboom.. Olahraga renang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Beberapa manfaat berenang bagi tubuh :
Membentuk dan menguatkan otot : Air mempunyai Kepadatan 12 kali lipat dibandingkan dengan udara sehingga setiap gerakan yang dilakukan di dalam air seolah-olah tanpa hambatan. Orang yang berenang secara teratur selama air 8 minggu membuat otot trisepnya mengalami peningkatan massa sebesar 23.8%. Berenang yang dilakukan secara teratur dengan ritme yang cepat dapat meningkatkan Ketahanan kardio, kekuatan otot , dan juga ketahanan otot.

Meningkatkan kesehatan jantung : Berenang yang dilakukan dengan rutin dapat meningkatkan efisiensi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh

Membakar kalori : Berenang merupakan olahraga yang cukup ampuh membakar kalori dalam tubuh. Berenang selama 30 menit mampu membakar 200-300 kalori yang ada di dalam tubuh.

Mencegah stres dan depresi : Ketika berenang otot-otot di dalam tubuh akan mengalami peregangan dan relaksasi yang disertai dengan irama teknik pernafasan yang tepat, hal inilah yang mengurangi stress dan depresi. Ketika berenang tubuh melepaskan hormon endorfin, atau hormon antistres, sehingga berenang dapat mencegah stress.

Mencegah diabetes : Berenang yang dilakukan secara rutin dengan intensitas 3 kali per minggu selama 30 menit mampu membakar 900 kalori di dalam tubuh dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin sehingga mencegah datangnya diabetes.

Memperbaiki kadar kolesterol di dalam tubuh : Berenang secara rutin mampu memperbaiki keseimbangan antara kolesterol bak (HDL) dan kolesterol jahat (LDL) dengan cara meningkatkan kadar HDL sebesar 1 % yang mampu mencegah penyakit jantung koroner.

Menyembuhkan gejala asma : Air mempunyai kadar kelembaban yang baik bagi penderita gejala asma disarankan rajin berenang untuk mengurangi gejala asma yang sering datang dengan tiba-tiba. Berenang dapat mengajarkan teknik pernafasan yang tepat meningkatkan volume paru-paru.
Mengurangi Gejala Arthritis : Ketika berada di dalam air tubuh menjadi lebih ringan, semakin banyak anggota tubuh yang tercelup ke dalam air maka tubuh juga akan semakin ringan. Kolam renang menjadi sarana yang baik sebagai tempat bekerjanya otot dan sendi yang kaku. Berenang mampu meningkatkan kerja persedian dan mencegah osteoporosis. Kolam renang air hangat sangat baik bagi penderita arthritis karena melonggarkan sendi-sendi yang kaku. Berenang juga mampu meningkatkan kekuatan tulang dan persendian terutama bagi wanita yang sudah mengalami menopause. 
Demikian informasi  mengenai Manfaat dari Olah Raga Renang Bagi Tubuh, semoga bermanfaat.

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olah Raga

Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olah Raga
Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olah Raga - Media Belajar Online - Mengecilkan perut bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra. Perut buncit merupakan masalah besar bagi anda karena membuat anda kurang nyaman dan kurang percaya diri. Anda juga direpotkan dengan memilih baju yang dapat menutupi perut anda ketika berpergian.

Perut buncit disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kebiasaan ngemil dan makan dimalam hari, karena makan dan ngemil dimalam hari menyebabkan penumpukan kalori diperut anda. Mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan perut anda buncit . Duduk terlalu lama dan tidur setelah makan juga dapat membuat perut anda menjadi buncit karena proses pencernaan tidak optimal.

Bagi anda yang mempunyai perut buncit, tidak usah khawatir . Berikut beberapa olahraga untuk mengecilkan perut yang dapat anda lakukan :
Berjalan atau berlari : Berjalan dan berlari dapat membakar kalori di dalam perut anda. Jika anda rutin melakukan lari atau joging dan sering berjalan kaki bukan hanya timbunan lemak diperut saja yang terbakar tetapi juga timbunan lemak pada bagian tubuh yang lain sehingga anda akan terlihat ramping.

Bersepeda : Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan karena anda juga dapat menikmati pemandangan yang anda lewati ketika bersepeda. Bersepeda dapat mengecilkan perut anda. Bersepeda selama 30 menit dapat membakar 300 kalori dari tubuh anda.
Sit up : Sit up dapat memperkuat otot perut anda, sehingga dapat mengecilkan perut. Jika anda tidak mampu melakukan sit up sendirian , anda dapat meminta bantuan teman anda untuk memegangi kaki anda.
Vertical Leg Crunch : Vertical Leg Crunch menuntut anda untuk mengangkat kaki setingi-tingginya ketika anda menarik tubuh anda ke depan. Cara melakukan Vertical Leg Crunch dengan posisi tidur telentang dan kedua tangan berada di belakang kepala lalu angkat kaki dan silangkan kedua kaki di udara sedangkan pundak dan kepala tetap menempel di lantai.
Ball crunch : Ball crunch merupakan olahraga yang dilakukan dengan memanfaatkan bola besar. Anda dapat sit up di atas bola besar tersebut.
Elliptical trainner : Elliptical trainner merupakan alat olahraga yang menggabungkan jalan kaki dan naik tangga. Elliptical trainner ditemukan pada tempat-tempat fitnes. Elliptical trainner berguna untuk membentuk otot pada bagian bawah tubuh dan bagian atas tubuh.
Sikap lilin : Sikap lilin yang dilakukan secara rutin dapat mengecilkan perut anda. Cara melakukan sikap lilin ialah dengan tidur telentang di atas lantai atau matras kemudian angkat kedua kaki ke atas hingga bagian perut juga terangkat ke atas tahan posisi ini beberapa saat dengan kedua tangan kemudian turunkan perut anda. Ulangi hal ini untuk beberapa kali.

Demikianlah artikel mengenai Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olah Raga, semoga bermanfaat bagi anda.

Olahraga Renang - Sejarah dan Perkembangannya

Olahraga Renang - Sejarah dan Perkembangannya
Olahraga Renang - Sejarah dan Perkembangannya - Media Belajar Online - Sejarah olahraga renang sudah dimulai sejak zaman batu atau sejak masa prasejarah yang berkembang di berbagai negara di belahan dunia. Hal ini diketahui dengan adanya lukisan dan gambar-gambar kuno yang ditemukan di gua daerah Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Olahraga renang juga berkembang di Eropa yaitu di Yunani dan bangsa Romawi yang menganggap renang sebagai salah satu faktor penting dalam latihan keprajuritan bangsa romawi. Jepang mewajibkan semua prajuritnya dapat berenang.

Nicolas Wymann merupakan seorang profesor Jerman yang menulis dan membukukan catatan tentang renang modern untuk pertama kalinya pada tahun 1538. Renang juga banyak dituliskan di dalam pasal dan ayat-ayat injil yang mengatakan pada kala itu manusia berenang. Sejarah renang juga tditemukan pada catatan berbagai hikayat seperti hikayat Beowulf, Gilgamesh, Odyssey dan Iliad

Pada tahun 1800 dibuat kolam renang untuk yang pertama kali di Jerman dan Australia sebagai tempat berlatih oleh para prajurit. Pada saat itu renang mulai dimasukkan ke dalam matapelajaran di sekolah-sekolah keprajuritan.

Teknik renang gaya bebas mulai dipopulerkan oleh Arther Trudgen pada tahun 1873. Trudgen mendapat inspirasi dari gaya renang bangsa Indian di Amerika. Trudgen
meniru dan mempopulerkan gaya bebas yang digunakan oleh bangsa Indian, sehingga gaya bebas juga dikenal sebagai gaya Trudgen. Pada tahun 1902 Richard Cavil menyempurnakan gaya bebas yang dipopulerkan oleh Trudgen dengan menambah kombinasi gerakan tendangan kaki untuk menambah kelajuan badan pada saat berenang. Richard Cavil terinspirasi dari gaya renang bangsa Indian Amerika dan mengembangkannya di kepulauan Solomon.

Pada tahun 1908 dibentuk federasi renang tingkat dunia untuk pertama kalinya yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur atau Federasi Renang Amatir Internasional. Pada waktu itu renang gaya kupu-kupu masih menjadi bagian dari renang gaya dada sebagai variasi, barulah pada tahun 1952 gaya kupu-kupu terpisah dari renang gaya dada dan berdiri sendiri sebagai renang gaya kupu-kupu

Sejarah renang mencatat renang mulai diperlombakan pada 36 tahun sebelum masehi oleh kaisar Suigui di Jepang. DI Eropa renang mulai diperlombakan pada tahun 1800an dan hampir semua pesertanya menggunakan renang gaya dada. Olahraga renang diperlombakan dalam Olimpiade modern pertama kalipada tahun 1896 Athena, Yunani. Olimpiade Athena mempertandingkan empat nomor yaitu 100 meter, 500 meter, 1.200 meter,untuk renang gaya bebas bebas, dan 100 meter bagi para pelaut

Perlombaan renang untuk wanita mulai diadakan pada tahun 1912 dalam Olimpiade di Stockholm, Belanda. Pada saat itu hanya memperlombakan renang gaya bebas dengan nomor bebas. Olahraga renang semakin populer dikalangan masyarakat, dan banyak anak-anak yang sudah berlatih renang sejak usia dini.

Demikian share mengenai Olahraga Renang - Sejarah dan Perkembangannya, semoga menambah pengetahuan bagi kita.

Pengertian Senam Hamil-Senam Hamil di rumah

Pengertian Senam Hamil-Senam Hamil di rumah
Pengertian Senam Hamil-Senam Hamil di rumah - Media Belajar Online - Senam hamil merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dan juga berguna untuk memperlancar proses persalinan secara normal. Setiap wanita tentu akan mengalami masa kehamilan. Apalagi jika kehamilan anak pertama tentu akan ada perasaan takut, cemas, dan was-was ketika membayangkan proses melahirkan.

Pengertian senam hamil ialah suatu bentuk latihan yang bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan kelenturan dinding perut dan otot-otot dasar panggul yang nantinya dapat mempermudah proses persalinan secara normal. Senam hamil juga berdampak positif bagi perkembangan janin di dalam kandungan sang ibu.

Senam hamil dapat dilakukan sendiri di rumah maupun dengan mendatangi sanggar senam. Senam hamil dirumah sebaiknya dilakukan dengan pegawasan instruktur senam atau yang sudah ahli. Sebelum melakukan senam hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang menangani kehamilan anda.

Berikut beberapa gerakan senam hamil yang bisa dilakukan di rumah : 
  • Duduk bersila dengan badan tegak, cobalah rileks dan tenangkan pikiran anda sambil membiarkan tangan berada di depan. Gerakan ini dapat anda lakukan ketika anda sedang santai. Lakukanlah gerakan ini sesering mungkin
  • Posisi badan : merangkak. Usahakan agar posisi lutut dan telapak tangan sejajar dengan lantai. Kemudian tundukkan kepala anda dan lihatlah pada bagian bawah perut anda, secara bersamaan dengan itu cobalah angkat pinggang anda kemudian angkat kepala anda perlahan-lahan sambil menurunkan pinggang anda. Lakukanlah gerakan tersebut dengan mengatur pernafasan anda. Gerakan-gerakan tersebut membuat otot pinggul dan otot perut menjadi lebih lemas. Lakukanlah gerakan tersebut secara teratur dan berulan-ulang .
  • Posisi merangkak dengan menyenderkan kepala anda pada lantai sambil merentangkan tangan anda, usahakan posisi lutut anda tetap tegak. Lakukanlah gerakan i ini dengan kepala yang menoleh ke arah kanan dan ke arah kiri. Bertahanlah selama beberapa menit pada posisi ini atau sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.
  • Duduklah di atas kasur, bantal duduk maupun matras dengan posisi kaki mengangkang, condongkan badan ke belakang dengan tangan yang membantu menahan tubuh pada lantai. Kemudian gerakan kaki ke atas, ke bawah, ke samping kanan dan ke samping kiri. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang dan teratur.
  • Berbaringlah secara miring atau telentang kemudian angkat kaki secar perlahan-lahan dan peganglah kedua lutut menggunakan tangan. Atur nafas, tenangkan pikiran dan rileks. Gerakan ini dapat anda lakukan setiap malam sebelum anda tidur.
  • Cobalah melakukan gerakan lainnya seperti mengangkat satu kaki secara sejajar lurus menggunakan kursi, tahan kaki yang sedang diangkat selam beberapa menit. Lakukanlah gerakan ini secara bergantian dengan kaki lainnnya. Anda dapt melakukan gerakan ini pada saat santai duduk di kursi sambil menonton televisi. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang.
Demikianlah informasi mengenai Pengertian Senam Hamil-Senam Hamil di rumah, semoga bermanfaat.

Contoh Kerajinan Tangan dari Daun Kering

Contoh Kerajinan Tangan dari Daun Kering - Media Belajar Online - Sudahkah anda mencoba membuat seni dari daun-daun kering yang mempunyai nilai jual? Memang kerajinan tangan yang terbuat dari daun-daun kering gampang-gampang susah, yang penting niatnya ingin belajar. Indonesia merupakan negara tropis yang terkenal akan kekayaan alamnya. Aneka ragam hayati tumbuh di negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini. Tak terhitung jumlah pepohonan dengan aneka ragam bentuk dan warna daunnya. Dari mulai daun saga, daun pisang, hingga daun talas yang berukuran besar.

Kerajinan tangan dari daun sebaiknya memilih daun yang berjatuhan di tanah, mulai dari yang berwarna kuning sampai cokelat yang benar-benar kering dan ukuran daun bisa disesuaikan dengan produk yang akan di buat. Daun yang masih berwarna hijau juga bisa digunakan, hanya memakan waktu lebih lama ketika perebusan (dikarenakan di dalamnya masih banyak tersimpan zat hijau daun). Sebaiknya dibiarkan dulu sampai daun berwarna cokelat.

Kerajinan tangan dari daun kering yang dikumpulkan tersebut terlebih dahulu dibersihkan. Daun kering tersebut kemudian direbus bersama campuran zat kimia untuk menghilangkan zat klorofil dan agar tidak mudah robek. Setelah satu hingga dua jam perebusan, daun-daun tersebut diangin-anginkan dan disetrika. 
Berikut ini adalah contoh-contoh kerajinan dari dedaunan yang sudah kering :

Demikianlah informasi mengenai Contoh Kerajinan Tangan dari Daun Kering, semoga bisa bermanfaat bagi anda.
ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers DMCA.com